Jumat, 13 Juli 2012


SMP Terbuka Sabah, Sekolah Indonesia, Kinabalu, Malaysia Juara Pertama Tata Busana dan Tata Rias LOMOJARI 2012,
 Ebenezer sihotang
TALENTNEWS.COM, JAKARTA - Lomba Motivasi Belajar Mandiri (Lomojari) tahun 2012 ditutup secara resmi oleh Dirjen Pendidikan Dasar, Kemdikbud, Suyanto  di Plaza Kemdikbud, Jakarta, Rabu (11/7) dan pembukaan oleh Mendikbud, Mohammad Nuh ditempat yang sama Selasa (9/7).

Ketua Penyelenggara, Didik Supriadi menyampaikan, bahwa kegiatan berjalan lancar hingga acara penutupan dan usai kegiatan lomba peserta siswa dan guru pendamping akan dibawa keliling ibukota untuk melihat langsung objek wisata.

Didik mengatakan, selama lomba berjalan ada peningkatan dibandingkan dari tahun lalu yakni sebanyak 20.000 pengunjung yang terdiri dari masyarakat umum, peserta didik Jakarta, dan tamu di lingkungan Kemdikbud.

Didik Suhardi menambahkan, dalam Lomojari 2012 terdapat 6.142 produk ketrampilan siswa SMPT yang sudah terjual dengan nilai Rp 188.623.000. Sedangkan, siswa dari jenjang Kejar Paket B sudah menjual sebanyak 1.440 jenis produk dengan nilai Rp 23.384.500.

"Disini terlihat para siswa sudah cukup mampu untuk menarik perhatian dan minat para pengunjung untuk membeli produk mereka," tambahnya.

Adapun aspek penilaian terhadap peserta lomba yang disampaikan Ketua Dewan Juri, Widarwati adalah  penilaian ilmu pengetahuan, kemampuan menjelaskan proses, ketrampilan mendemonstrasikan ketrampilan,  sikap peserta didik, yakni disiplin, sopan santun, dan kemampuan berkomunikasi, dan unsur juri dari pakar bidang spesialisasi, akademisi, dan direktorat.

Direktur Jenderal Pendidikan Dasar (Dirjen Dikdas),Kemdikbud, Suyanto mengatakan, dengan apresiasinya terhadap kemampuan para siswa dalam membujuk pengunjung yang datang untuk membeli produk ketrampilan mereka cukup cerdas dan ramah.

"Dari total jumlah penjualan tadi, sudah bisa dilihat para siswa sudah bisa membujuk pengunjung untuk membeli hasil karya mereka di pameran Lomojari," kata Suyanto saat memberikan kata sambutan pada acara penutupan Lomojari 2012 di Gedung A Kemdikbud, Rabu (11/7).

Hasil Lomba Motivasi Belajar Mandiri (Lomojari) tahun 2012 untuk Bidang Kerajinan, Juara I, SMP Terbuka 11, Cibeureum, Tasikmalaya, Jateng, Juara II, SMP Terbuka 1 Cisarua (TKBM Al Fajri) Bogor, Jabar, Juara III, SMP Terbuka Rembang (SMP N 1 Rembang, Pasuruan, Jatim,

Bidang Kriya Tekstil, Juara I, SMP Terbuka Gringsing, Batang, Jateng, Juara II, SMP Terbuka Wonosari, Bondowoso, Jatim, dan Juara III, SMP Terbuka Borobudur, Magelang, Jateng, Tata Boga Juara I, SMP Terbuka Bandar, Batang, Jateng, Juara II, SMP Terbuka Wirosari, Grobogan, Jateng, dan Juara III, SMP Terbuka 01, Malang, Jatim, bidang Ketrampilan Tata Busana dan Tata Rias, Juara I, SMP Terbuka Sabah, Sekolah Indonesia, Kinabalu, Sabah, Malaysia, Juara II, SMP Terbuka Agrapura, Majalengka, Jabar, Juara III, SMP Terbuka, 01 Malang, Jatim, bidang Ketrampilan Kriya Kayu/Anyaman, Juara I, SMP Terbuka Pandak, Bantul, DI Yogyakarta, Juara II, SMP Terbuka Bawang, Jateng, dan Juara III, SMP Terbuka Montong Gading 1, Lombok Timur, NTB.

Untuk hadiah Juara I siswa mendapatkan plakat, medali ,dan uang Rp 7.500.000 dari Kemdikbud, dan dari BRI berupa tabungan Tabanas sebesar R1.000.000, dan guru pendamping sebesar Rp 2.000.000  Juara II, Rp 6.000.000 dari Kemdikbud, dari BRI sebesar Rp 750.000, dan guru pendamping Rp 1.750.000, dan Juara III Rp 5.250.000 dari Kemdikbud, Rp 500.000 dari BRI, dan Rp 1.500.000 untuk guru pendamping.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar