Rabu, 02 Maret 2011

LSM GERHANA SIAP DAMPINGI MASYARAKAT PENCARI KEADILAN

ebenezer sihotang

TALENTNEWS.COM, CISARUA - Rapat Umum I Lembaga Swadaya Masyarakat Gerakan Hati Nurani Rakyat (LSM GERHANA) diselenggarakan di Cisarua, Bogor, Jawa Barat 26-27 Februari 2011 yang diikuti oleh pengurus pusat, perwakilan Jakarta Barat, Jakarta Timur, Bogor, Muara Enim, Padang Lawas Utara, Toba Samosir, Surabaya, dan Pantura (Jawa Barat).

Ketua Umum LSM GERHANA, Drs Anggiat Manalu, SH yang terpilih secara aklamasi menjadi Koordinator Nasional untuk periode 2011- 2016 mengatakan, sejak berdirinya LSM GERHANA telah berbuat banyak dalam menegakkan kebenaran sebagai lembaga swadaya masyarat dan bahkan LSM GERHANA mendapatkan kepercayaan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai pemantau nasional pada penyelenggaraan pemilihan umum tahun 2009.

"Kita berupaya memberikan dukungan pada masyarakat untuk mendapatkan rasa aman dalam kehidupan sehari-hari melalui gerakan advokasi serta memberikan penyuluhan hukum bagi masyarakat yang membutuhkannya," kata Anggiat usai membuka Rapat Umum di Hotel Dirga Cibulan, Cisarua, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (26/2).

Disamping fungsi sebagai kontrol sosial kemasyarakatan dan pemerintahan,  tambah Anggiat, LSM GERHANA juga berperan menghimpun masyarakat Indonesia yang berjiwa progresif, dinamis, reformis, serta revolusioner untuk bergabung dalam suatu wadah dan berpartisipasi untuk nusa dan bangsa dalam rangka pembangunan nasional.

"Meliputi politik, ekonomi, pemerintahan, penataan kota/kabupaten dan lingkungan hidup, ketenagakerjaan, sosial budaya, dengan tujuan mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan Bangsa Indonesia. Oleh karena itu, untuk mewujudkan itu, kita berharap ada kerjasama dari semua pihak untuk mencapai tujuan yang kita harapkan," tambahnya.

Anggiat menambahkan, program kerja jangka panjang LSM GERHANA adalah lembaga bantuan hukum, pemantau pemilu, konsultasi Pilkada, monitoring APBN/ABPD, sosial budaya dan pendidikan, dan pengkaderan.

"Sebagai contoh yang saat ini terjadi adalah penegakan hukum yang semakin buruk, LSM GERHANA berperan aktif melakukan pendampingan masyarakat dibidang hukum dan juga  monitoring terhadap program pemerintah baik pusat maupun pemerintah daerah," tandasnya.

Oleh karena itu, tambah Anggiat, kepada seluruh jajaran LSM GERHANA untuk tetap bekerja secara profesional dengan melakukan aturan yang berlaku serta menggali informasi baik melalui wawancara, investigasi, maupun dengan mengklarifikasi temuan dilapangan, serta menjalin hubungan kerjasama yang baik dengan semua pihak seperti pemerintah pusat/daerah, kejaksaan, kepolisian/TNI, organisasi masyarakat, tokoh masyarakat, dunia usaha, dan masyarakat.
 
Sementara itu, Sekretaris Harian Panitia Rapat Umum, Polma Sihotang mengatakan, tujuan Rapat Umum membahas anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) dan sekaligus silaturahmi diantara anggota yang meliputi dari berbagai daerah, dan selama rapat umum berlangsung lancar dengan didasari musyawarah dan mufakat.

"Meskipun pembahasan berlangsung alot dan berbeda pendapat saat pembahasan AD/ART, namun karena dilandasi musyawarah dan mufakat, rapat umum berjalan lancar, tertib, dan damai," tambah Polma.

1 komentar:

  1. "Oleh karena itu, tambah Anggiat, kepada seluruh jajaran LSM GERHANA untuk tetap bekerja secara profesional dengan melakukan aturan yang berlaku" Pak, jika ada org yg mengaku sbg anggota LSM dan meminta uang secara paksa ke masyarakat, apakah ini dibenarkan? Dan apakah ini
    sesuai dgn krj profesional LSM gerhana? Klo ada anggota yg seperti ini, kemana hrs diadukan?

    BalasHapus